Pembelajaran Metode Percobaan (Experimental Method)

METODE PERCOBAAN
Metode Percobaan (Experimental Method) - Metode percobaan adalah metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan. (Syaiful Bahri Djamarah, 2000)

Metode percobaan adalah suatu mentode mengajar yang menggunakan alat tertentu dan dilakukan lebih dari satu kali. Misalnya di Laboratorium.
Kelebihan metode percobaan sebagai berikut :
 
a. Metode ini dapat membuat anak didik lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaannya sendiri daripada hanya menerima kata-kata guru atau buku.
b. Anak didik dapat mengembangkan sikap untuk mengadakan studi eksplorasi (menjelajah) tentang ilnu dan teknologi.
c. Dengan metode ini akan terbina manusia yang dapat membawa terobosan-terobosan baru dengan penemuan sebagai hasil percobaan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia.
Kekurangan metode percobaan sebagai berikut :
  1. Tidak cukupnya alat-alat mengakibatkan tidak setiap anak didik berkesempatan mengadakan eksperimen
  2. Jika eksperimen memerlukan jangka waktu yang lama anak didikharus menanti untuk melanjutkan pelajaran.
  3. Metode ini lebih sesuai untuk menyikapi bidang-bidang ilmu dan teknologi
About these ads

Satu Tanggapan to “Pembelajaran Metode Percobaan (Experimental Method)”

  1. Metode Pembelajaran Yang Efektif « PAK GIRSANG Says:

    [...] Pembelajaran Metode Percobaan (Experimental Method) [...]


Tinggalkan Pesan !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 245 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: